Jumat, 06 November 2009

PERSATUAN GURU SAINS SMP NEGERI 2 MILA



PENDAHULUAN

Usaha pemerintah dalam meningkat mutu pendidikan perlu disahuti positif agar negara kita dapat mengejar ketinggalan dalam berbagai bidang dibandingkan dengan negara maju. Pendidikan  merupakan urutan paling depan yang yang perlu diperhatikan, karena maju tidaknya suatu negara sangan ditentukan oleh kemajuan pendidikan setiap warga negaranya.
Banyak faktor yang menentukan kemajuan pendidikan antara lain: sarana, lngkungan ekonomi dan sosial masyarakat, sumber daya manusia (guru) dan lain-lain. Tidak akan berhasil jika hanya pemerintah saja yang  memajukan pendidikan tanpa dukungan dari segenap lapisan masyarakat. Setiap individu berkewajiban membantu pemerintah sesuai dengan kemampuan dan bidang yang dimilikinya.
Guru sebagai ujung tombak dalam memajukan pendidikan, perlu meningkatkan kemampuan diri sendiri untukmengimbangi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, disamping usaha pemerintah untuk memberdayakan guru seperti mengadakakan pentaran, pelatihan, work shop dan sebagainya. Kenyataan membuktikan bahwa kesempatan guru untuk memperoleh pelatihan dan penataran belumlah merata dan frekwensinya masih sangat kecil apalagi guru-guru yang bertugas di pedesaan yang belum tersentuh kemajuan teknologi. Tingkat kelulusan siswa rendah, sementara standar kelulusan tiap tahun semakin tinggi membuat guru dan semua pihak yang terkait mengencangkan ikat pinggang demi satu cita-cita yaitu mencerdaskan bangsa.
Sehubungan dengan uraian di atas, kami guru sins pada SMP Negeri 2 Mila merasa terpanggil untuk meningkatkan kemampuan dan skill agar dapat mengatasi segala permasalahan yang sedang antri untuk dikerjakan baik antara guru dengan siswa, dengan instansi dimana guru tersebut bekerja maupun dengan lingkungan masysrakat, agar dapat mengatasi dan menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di masa mendatang. Maka kami membentuk suatu forum musyawarah atau persatuan antara sesama guru sains pada SMP Negeri 2 Mila kususnya dan dengan sesama guru sains di sekolah-sekolah lain umumnya, yang kami beri nama”Persatuan  Guru Sains SMP Negeri 2 Mila”. Menyadari akan kekurangan diri dan berusaha untuk memperbaiki, serta saling mengisi dan membagi pengalaman dan  ilmu pengetahuan serta tidak saling mendiskreditkan satu sama lain.
Semoga apa yang kami kerjakan hendaknya dapat bermanfaat terutama bagi diri pribadi masing-masing, anak didik, masyarakat, agama, serta bangsa dan negara  yang tercinta, dan hanya kepada Allah lah kita memohon petunjuk dan ridha Nya. Amin Ya Rabbal Alamin.
                               

                                Mila, 1 Nopember 2009
                                Ketua,
                               
                                Abd. Gani,S.Pd.
                                NIP. 132221810


STRUKTUR PERSATUAN GURU SAINS SMP NEGERI 2 MILA

Penaggung Jawab    :    Dra.Hj.Fauziah.S,M.Si.( Kepala Sekolah)
Ketua    :    Abd. Gani,S.Pd. (Guru Fisika)   
Wakil    :    Siti Maryam,S.Pd.(Guru Biologi)
Sekretaris    :    Faridah,S.Pd (Guru Biologi)
Anggota    :    1. Ilawati (Guru Biologi) 2. Tarmina,S.Pd.(Guru Biologi) 3. Nurmi(Guru Biologi) 4.Murina,S.Pd. (Guru Fisika)

TUJUAN
Sehubungan dengan peningkatan Mutu dan Intelektual Guru dalam rangka penunjang mutu pendidikan, maka Persatuan Guru Sains SMP Negeri 2 Mila mempunyai tujuan sebagai berikut:   
1.    Meningkatkan pemahaman guru Sains dalam memahami materi pembelajaran yang akan disampaikan kepada anak didik.
2.    Penyiapan Perangkat Pembelajaran dalam MGMP sekolah.
3.    Meningkatkan pemahaman dan keseuaian metode pembelajaran dan materi yang akan disajikan.
4.    Pelatihan penggunaan sarana laboratotium.
5.    Meningkatkan penguasaan multi media, komputer dan internet, dalam rangka penguasaan IPTEK.
6.    Mengembagkan alat peraga pembelajaran sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah.
6.    Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan melalui ceramah agama dengan mengadakan diskusi , serta
       kajian dibidang keagamaan.
Support System 
                                      Marketing Online

PROGRAM KERJA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar